Sabtu, 18 Mei 2024
Ekonomi

Bupati Rohil Tinjau Langsung Dampak Banjir di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan

Bupati Rohil Tinjau Langsung Dampak Banjir di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan

Infoaktual86. Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong terjun langsung ke lapangan untuk mengecek dampak banjir di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rabu (10/1/2024).

 

Peninjauan dimulai dengan dialog dengan warga di Posko siaga bencana banjir Kepenghuluan Labuhan Papan. 

 

Afrizal tidak sendiri. Dalam kesempatan itu ia bersama anggota DPRD Rohil Elfarinda, Kapolres, Dandim, Kemenag, Sekda, Kadinkes, Kadinsos, Komisioner dan pengawas BAZNAS, tim penggerak PKK, datuk penghulu dan Babinkamtibmas. 

 

Saat dialog dengan warga, Afrizal mengungkapkan, bencana banjir tidak hanya terjadi di Rokan Hilir, namun juga terjadi disejumlah perumahan warga di beberapa kabupaten ikut terendam termasuk jalur jalan lintas Sumatera yang sempat membuat macet kendaraan. 

 

” Sebenarnya daerah Tanah Putih Tanjung Melawan agak tinggi dan hanya bibir sungai yang agak tenggelam. Menurut data yang kami terima, sudah sebanyak 16 ribu KK rumah warga yg tenggelam di Kabupaten Rokan Hilir,” katanya.  

 

Kami juga meminta camat untuk terus update mendata jumlah warga korban korban terdampak banjir karena sebelumnya dari jumlahnya 16 ribu KK berkemungkinan akan terus bertambah. 

 

Mengenai dampak banjir ini, Bupati khawatir akan berpengaruh pada saat jelang Pemilu. Karena menurutnya, banyak warga yang tidak ikut memilih karena banyak TPS yang terendam. 

 

” Untuk itu ada beberapa titik TPS kita pindahkan. Terutama di Kecamatan Rantau Kopar, hampir semua wilayah itu tenggelam dan bahkan aliran listrik sengaja diputuskan. Rencananya, kita akan pindahkan TPS nya ke Duri. Saya ingin pemilu tahun ini bisa sukses jangan sampai terhambat karena banjir,” ungkapnya.  

 

Selain bantuan dari Pemerintah, Bupati juga berinisiatif telah mengumpulkan perusahaan untuk mengakomodir apa yang dibutuhkan para korban banjir. Menurutnya, banjir terparah sejak lima tahun belakangan ini sudah ada makan korban. 

 

” Kemarin di Sintong Pusaka sudah ada dua orang tenggelam. Kita minta para orang tua jangan sampai lepas pantauan anaknya bermain air,” ujarnya.  

 

Karena menurutnya, ada banjir yang membawa berkah, tapi ada juga banjir membawa musibah. Akibat banjir ini, mata pencahrian masyarakat jadi terganggu terutama sekali dari nelayan Sungai Rokan. 

 

Setelah berdialog, rombongan Bupati meninjau kondisi rumah warga desa Labuhan Papan yang rusak akibat banjir. Afrizal juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak. 

 

Bantuan tersebut disambut baik oleh warga penerima manfaat. 

 

Setelah peninjauan, Afrizal mengimbau masyarakat setempat untuk bersabar dan terus berdoa agar terhindar dari bahaya. Pasalnya cuaca ekstrem yang masih berlangsung dengan intensitas hujan yang cukup tinggi rentan terjadi banjir. 

 

” Banjir kiriman diRohil diduga disebab kan air kiriman dari Rohul. Sedangkan dari banjir dari Rohul berasal dari Sumbar. Kini, di Rohul air sudah surut dua senti dan semoga banjir di Rohil juga bisa ikut surut,” ujarnya. (Rilis)



Baca Juga