Sabtu, 18 Mei 2024
Kuliner

Ditaja Dispora, Bupati Rohil Buka Festival Kupas Kerang Sebelah Tangan

Ditaja Dispora, Bupati Rohil Buka Festival Kupas Kerang Sebelah Tangan

 

Rohil – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP, M.Si secara langsung membuka festival kupas kerang sebelah tangan yang taja Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Rabu (20/12/2023).

 

Festival yang dipusatkan di Pujasera tersebut tampak dihadiri Ketua PKK Sanimar Afrizal, Kadispora Budiman, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T Sinurat, perwakilan Kodim 0321 Rohil, Camat Bangko Aspri Mulya serta berbagai unsur lainnya. 

 

Ketua panitia Wily dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan festival ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata yang ada di Kabupaten Rohil.

 

“Sebagaimana kita ketahui bersama Rohil terkenal sebagai penghasil kerang. Sebelum covid kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan dan kedepan akan terus kita gelar secara berkesinambungan, ” katanya. 

 

Pelaksanaan festival kupas kerang ini lanjutnya, pihaknya Dispora berkolaborasi dengan komunitas anak-anak muda yang cukup kreatif. 

 

“Kegiatan akan dilaksanakan selama satu hari. Sementara peserta terbuka umum dan berasal dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil,” terangnya. 

 

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dispora atas festival yang diselenggarakan. Dimana kata Bupati, festival kupas kerang ini secara rutin dilaksanakan dan sudah menjadi tradisi ditengah-tengah masyarakat. 

 

Bupati menerangkan, Kabupaten Rohil merupakan salah satu Kabupaten penghasil kerang terbanyak bahkan memiliki potensi kerang terbaik. Sehingga, festival seperti ini sangat baik untuk terus dikembangkan.

 

Bupati berharap, festival yang diselenggarakan dapat menjadi daya tarik bagi bagi perkembangan pariwisata khususnya kuliner kerang yang ada di Kabupaten Rohil dan festival tersebut dapat berlangsung secara turun temurun.

 

Kadispora Rohil Budiman menambahkan, festival kupas kerang sebelah tangan hanya ada ditemukan di Kabupaten Rohil. Hal itu katanya, diketahui dengan banyaknya Dispora Kabupaten Kota yang ada di Riau yang bertanya kepada dirinya soal festival kupas kerang sebelah tangan.

 

“Saat saya share acara festival kupas kerang sebelah tangan, semua bertanya bagaimana caranya. Sehingga, di Riau hanya kita yang ada festival seperti ini,” paparnya. 

 

Kedepan sebut Budiman, pihaknya berencana akan mengadakan festival kupas kerang sebelah tangan tingkat Provinsi bahkan jika memungkinkan tingkat Nasional. 

 

“Hal ini bertujuan agar peserta festival nantinya banyak yang datang dari luar daerah. Dengan begitu tentu akan meningkatkan pariwisata sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat kita,” pungkasnya.