Sabtu, 18 Mei 2024
Uncategorized

Peringati Hari Ibu ke-95, GOW Rohil Gelar Lomba Rebana Tingkat Kabupaten

Peringati Hari Ibu ke-95, GOW Rohil Gelar Lomba Rebana Tingkat Kabupaten

Rohil – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95 tahun 2023, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar lomba Rebana tingkat Kabupaten, Rabu (6/12/2023) malam.

Lomba rebana yang diselenggarakan di depan kantor BPKAD, Jalan Merdeka Bagansiapiapi tersebut secara langsung di buka Bupati Rohil Afrizal Sintong dan dihadiri Ketua GOW Sanimar Afrizal, Ketua MKA LAM Rohil Nasrudin Hasan, Asisten l Fery H Parya, Pasi Pers Letda Inf Dedek Surianto, Kapolsek Bangko Kompol Ihut M.T Sinurat, para Kepala OPD, para Camat, Ketua GRMB Nalladia Ayu Rokan serta berbagai unsur lainnya.

Ketua GOW Rohil Sanimar Afrizal dalam sambutannya menyebutkan, pada peringatan hari ibu ke-95 tahun 2023 ini GOW Rohil menggelar berbagai kegiatan diantaranya lomba rebana antar Kecamatan, pembagian Sembako, gerak jalan santai serta upacara dalam rangka Hari ibu.

“Malam ini kita melaksanakan lomba rebana antar Kecamatan yang diikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil, ” kata Sanimar.

Adapun tujuan dilaksanakan nya lomba ini sebut Sanimar, selain untuk memeriahkan peringatan hari ibu, juga untuk melestarikan budaya agar tidak hilang ditelan zaman.

“Dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat menjalin silaturahmi yang lebih erat dengan seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Rohil, ” paparnya.

Sanimar menerangkan, dalam setiap perlombaan menang dan kalah adalah suatu hal yang lumrah dan biasa. Bagi yang nantinya menjadi pemenang jangan merasa hebat dan sombong tapi tetaplah terus berlatih dan ilmu yang didapat diajarkan kepada anak-anak kita agar menjadi generasi.

“Karena sekarang ini anak-anak kita sudah kurang minatnya untuk belajar rebana. Kalau ini kita biarkan terus menerus dikhawatirkan rebana ini akan hilang,” sebutnya.

Kepada yang kalah nantinya Sanimar juga mengingatkan agar janganlah berkecil hati dan merasa rendah diri. Tapi jadikanlah ini penambah motivasi untuk terus berkarya dan berbuat yang lebih baik lagi sehingga kedepan bisa meraih kemenangan juga.

Dalam kesempatan itu, Ketua GOW juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Rohil beserta seluruh jajaran yang selama ini telah memberikan dukungan termasuk dukungan penganggaran dalam pelaksanaan program-program GOW di Kabupaten Rohil.

“Harapan kami semoga kedepannya semakin banyak program-program GOW ini dapat disenirgakan dengan program kegiatan di seluruh OPD. Sehingga masyarakat Rohil menjadi mandiri dan sejahtera,” jelasnya.

Sanimar juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh Kecamatan atas partisipasi nya mengikuti perlombaan tersebut serta ucapan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sehingga lomba rebana tersebut dapat terselenggara.

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada ketua GOW dan seluruh jajaran atas pelaksanaan lomba rebana antar Kecamatan se-Kabupaten Rohil tersebut.

Bupati menerangkan, keberadaan rebana sangat dirasakan disetiap kegiatan maupun kunjungan ke berbagai Kecamatan. Sebab kata Bupati, setiap ada kunjungan ke Kecamatan akan disambut oleh ibu-ibu rebana.

Dengan keberadaan group rebana itu tambah Bupati, sejak kepemimpinan nya telah menganggarkan untuk rebana sebesar Rp 3 miliar. Namun, dikarenakan banyak nya group rebana yang ada di Kabupaten Rohil yang mencapai 426 group anggaran sebesar itu hanya terasa kecil.

“Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh group rebana karena disetiap kegiatan kami selalu disambut rebana,” ucapnya.

Bupati menjelaskan, dalam peringatan hari ibu ke-95 ini, GOW Rohil telah melaksanakan beberapa kegiatan meski dengan kondisi anggaran yang terbatas.

“Mari sama-sama kita lestarikan budaya kita, rebana ini identik dengan budaya melayu, kepada tokoh agama tokoh adat agar mendukung pelestarian budaya ini,” ajaknya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga turut menyampaikan ucapan selamat hari ibu ke-95 tahun 2023.

Pembukaan lomba ditandai dengan pemukulan rebana oleh Bupati didampingi Ketua GOW bersama Forkopimda.

Sementara untuk juri, terdiri dari ketua GOW Rohil Sanimar Afrizal, Yusri dari lembaga seni dan kasidah Indonesia Provinsi Riau.



Baca Juga