Jumat, 18 Okt 2024
Serbaserbi

Upacara Bersama Hari Ke-17, Asisten II Pemkab Rohil Ingatkan OPD untuk Melaporkan Administrasi Keuangan Secepatnya

 

 

Infoaktual Rohil – Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan yaitu memantau realisasi fisik keuangan yang selama ini dikelola oleh bagian administrasi pemerintahan dan pembangunan. “Kita mengetahui bahwa selama ini dalam laporan realisasi fisik keuangan ini tiap OPD paling lambat tanggal 10 setiap bulannya sudah dilaporkan ke pihak Pemerintahan Provinsi Riau,” kata Asisten II Pemkab Rohil, Muhammad Nur Hidayat pada kegiatan Upacara hari ke 17, Rabu (17/7/2024) di Halaman Kantor Bupati, Jalan Lintas Pesisir, Batu Enam, Bagansiapiapi, Rohil, Provinsi Riau.

Dikatakan Muhammad Nur Hidayat, dari masing-masing Kabupaten/Kota, hasil laporan administrasi keuangan Rokan Hilir belum maksimal. Saat ini laporan yang terbaik di Provinsi Riau adalah Kabupaten Kampar. “Mari kedepannya bersama-sama kita memperhatikannya dan coba share setiap grup di mana pada akhir bulan bagian administrasi pembangunan ini memanggil masing-masing kasi bagian keuangan dan bendaharanya terkait dengan laporan realisasi ini, ” jelasnya.

Alasan Kabupaten Kampar terbaik se-Riau dalam membuat laporan administrasi Keuangan, dikatakan Muhammad Nur Hidayat bahw laporan realisasi fisik keuangan mereka memang selama ini yang tidak kita lakukan, itu mereka lakukan, di mana mereka lakukan rapat rutin yang dipimpin langsung Kepala Daerah atau yang mewakilinya bersama kepala OPD membahas hal ini sampai di mana sudah perkembangannya. Bahkan Kata Nur Hidayat, mereka membuat semacam perjanjian berupa surat tanggung jawab atau fakta integritas pada setiap bulannya. “Kita tidak usah buat fakta integritas, paling tidak kedepan kita mulai sama-sama memperhatikan terhadap laporan administrasi keuangan ini, karena implikasinya terlalu luas ketika nanti kita tidak memperhatikan masalah laporan ini. Sampai hari ini menurut laporan itu belum sampai 37% transaksi fisik keuangan masing-masing OPD,” ujarnya.

Sementara, kata Nur Hidayat, saat ini sudah memasuki lebih separuh bulan Juli dan tinggal sekitar 5 bulan lagi berakhirlah tahun 2024. Diketahui bersama bahwa keuangan Rohil saat ini memang kurang baik, oleh karena itu DAK yang bisa diharapkan. Muhammad Nur Hidayat mengajak masing-masing OPD mencari sebanyak-banyaknya DAK dari pemerintah pusat. “Jika sudah mendapatkan DAK mari sama-sama kita perhatikan dengan baik pelaksanaannya sampai selesai, jika tidak diperhatikan konsekuensinya ketika tidak selesai dengan baik, beban pelaksanaan penyelesaian dari yang telah diberikan oleh pemerintah pusat menjadi tanggung jawab pemerintah daerah,” ucapnya.

Jika kegiatan DAK tidak selesai pelaksanaannya, maka sanksinya pemerintah pusat juga akan membatasi. Ketika diberi sekian banyak, sekian jumlah uangnya. Jika tidak bisa diselesaikan dengan baik maka ke depan tidak mungkin lagi bisa dapat lebih dari yang diberi pemerintah pusat. “Oleh karena itu mari sama-sama kita perhatikan pekerjaan kita masing-masing juga mengenai laporan ini tujuan tiada lain adalah pemerintah daerah bisa memantau perkembangan termasuk juga Pemerintah Provinsi Riau karena kami akan melaporkan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya,” pungkasnya.

Muhammad Nur Hidayat berharap semua PNS maupun PTT di Lingkungan Pemkab Rohil dapat mendedikasikan dirinya terhadap pekerjaan, karena sesungguhnya kita rajin kita disiplin itu bukan untuk orang, bukan untuk Kadis kita, tapi untuk diri kita sendiri, kita baik, kita rajin untuk kita sendiri. Asisten II juga berpesan kepada seluruh OPD untuk menyelesaikan masalah administrasi terkait temuan BPK yang sudah mendekati limit.



Baca Juga